Tuesday, September 13, 2011

Penyebab Kegagalan Timnas

Ini bukan analisa yang serius mengenai sebab-sebab mengapa Timnas selalu gagal. Ini hanya sekedar bahan candaan. Kepada pendukung Timnas jangan marah ya, saya juga pendukung Timnas yang setia lho.

Menurut analisa bodoh saya ada beberapa hal yang menyebabkan Timnas gagal, antara lain:

Keanekaragaman











Indonesia merupakan negeri yang terdiri dari begitu banyak suku bangsa. Yang mana hal ini juga memperkaya adat istiadat, bahasa, budaya, dan kepercayaan. Indonesia juga terdiri dari pulau-pulau, baik yang kecil, sedang, sampai yang besar. Bayangkan bagaimana sulitnya mempersatukan orang-orang yang berasal dari daerah yang berbeda-beda dalam satu tim. Mungkin itu pula yang menjadi kendala mengapa Timnas selalu gagal karena ada begitu banyak orang yang berlatar belakang budaya yang berbeda. Eits, itu tapi bukan alasan. Emang negara lain juga tidak memiliki kendala yang sama seperti Indonesia. Negara lain juga terdiri dari beberapa orang yang beraneka ragam tapi sepakbolanya bisa maju. Ya itulah hanya analisa saya aja. Habis apalagi dong penyebabnya.

Santun
Indonesia terkenal dengan negara yang warganya santun. Selalu senyum kepada orang yang ditemuinya. Toleransi kepada sesama. Tidak mau menyakiti orang. Ingin selalu membuat tamu senang. Makanya, Timnas selalu mengalah kepada lawan. Ini hanya alasan lagi.
Kostum
Kostum Indonesia terdiri dari warna merah yang melambangkan keberanian dan warna putih yang melambangkan kesucian. Jadi apa yang menyebabkna Timnas gagal dari segi kostum. Tak ada. Itulah jawaban saya. Terus kenapa dimasukin kedalam list penyebab kegagalan Timnas. Buat nambah panjang tulisan aja. Beu.....pada melongo....

Pelatih Bule
Karena bule jadi komunikasi kurang lancar. Apa yang diinstruksikan pelatih sama apa yang diperagakan di lapangan jadi berbeda. Tapi walau dilatih oleh orang Indonesia ko tetap gagal. Terus apa ya?! Jadi bingung sendiri saya. Apa ada yang tau mengapa?

Walaupun begitu saya tetap cinta Timnas dan akan selalu mendukung Timnas. Maju terus sepakbola Indonesia. (Habis kan saya warga Indonesia!!)

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.